Mama Luh Rasi Malukat dan Magedong gedongan


Karena bertepatan dengan tumpek wayang, maka Mama Luh Rasi melakukan penglukatan di campuhan yeh kakul dan penglukatan di grya lobong banjar cau marga. Semua perlengkapan sudah disiapkan 3 hari yang lalu sebelum hari H tiba oleh nenek Luh Rasi. Upacara pertama melakukan ngaturang sode di merajan rong telu oleh kakek Luh Rasi selanjutnya langsung menuju campuhan yeh kakul bersama keluarga semua.

Upacara melukat dilaksanakan terlebih dahulu melakukan pakeling di tempat suci disana, bahwa akan melakukan penglukatan dan saat ini Luh Rasi juga ikut mandi walau masih pagi. Penglukatan diakhiri dengan persembahyangan di pura setempat dan pulang.

Berlanjut jalan ke grya lobong untuk melakukan penglukatan disana, yang dipimpin oleh ratu aji dan ratu ibu di merajan disana, tidak lama upacara diakhiri dengan persembahyangan bersama.

Selanjutnya melakukan upacara magedong gedongan di merajan Luh Rasi, yang bertujuan agar roh yang akan numitis merupakan roh yang baik memohon di ida bhatara guru sehingga anak yang terlahir nanti merupakan anak yang suputra/suputri dan diberikan kesehatan.

Upacara berjalan dengan hikmat, walau terjadi sedikit insiden yang tidak sengaja, tangan Mama Rasi terluka sedikit karena kena ujung bambu runcing rikala melakukan ritual upacara ini, semoga selalu damai..,damai dan damai...






















DOA UNTUK KELAHIRAN BAYI

OM BRHATSUMNAH PRASAWITA
NIWESANO JAGATAH STHATURUBHAYASYA YO WASI
SA NO DEWAH SAWITA SARMA YACCHA
TWASME KSAYAYA TRIWARUTHAM AMHASAH


Artinya:
Ya Tuhan Yang Maha Pengasih, yang memberi kehidupan pada alam dan menegakkanya. Ia yang mengatur baik yang bergerak dan yang tidak bergerak, semoga Ia memberikan rahmatNya kepada kami untuk ketentraman hidup dengan kemampuan untuk menghindari kekuatan yang jahat.

0 komentar:

Ni Luh Rasi Maharani

 
All content copyright by Ni Luh Rasi Maharani - 2013. All rights reserved
Lahir, Rabu 08 Mei 2013 - Designs by Wayan yasa
eXTReMe Tracker