Tepat 12 Hari Luh Rasi, Mesaudan

Hari ini Coma wage sasih sadha tambir atau Senin 20 Mei 2013 tepat Luh Rasi berumur 12 hari yang menandakan sudah saatnya ngaturang sesaudan di campuan yeh kakul yang ada di dekat banjar cau marga. Selain menghaturkan sesaudan di campuhan yeh kakul diaturkan pula tipat akelan di tugu penampak karang agar Luh Rasi diberikan kesehatan dan dijaga dari kekuatan-kuatan yang diluar kemampuan manusia.

Sesaudan itu identik dengan utang yang harus dibayarkan karena semasa Luh Widya hamil Ibu dari Luh Widya menjanjikan tipat duang kelan kalau pas persalian nanti selamat dan normal. Sesuai dengan yang dijanjikan pada hari inilah tepat sesaudan atau sesangi atau nasar itu dibayarkan.

Begitu banyak tradisi di bali yang harus dilestarikan dan diwariskan kepada cucu-cucu kita nanti agar terpelihara dan terjaga sampai hayat dikandung badan. Tatkala ada yang bertanya tentang tradisi kita di Bali tidak hanya menjawab nak mule keto, mari ajegkan bali kalo tidak kita siapa lagi!

Semoga dengan tepat janji terhadap sesama, yang nyata dan tidak nyata Luh Rasi bisa menjadi sehat dan murah rejeki dikehidupan ini. Astungkara!


DOA UNTUK KELAHIRAN BAYI

OM BRHATSUMNAH PRASAWITA
NIWESANO JAGATAH STHATURUBHAYASYA YO WASI
SA NO DEWAH SAWITA SARMA YACCHA
TWASME KSAYAYA TRIWARUTHAM AMHASAH


Artinya:
Ya Tuhan Yang Maha Pengasih, yang memberi kehidupan pada alam dan menegakkanya. Ia yang mengatur baik yang bergerak dan yang tidak bergerak, semoga Ia memberikan rahmatNya kepada kami untuk ketentraman hidup dengan kemampuan untuk menghindari kekuatan yang jahat.

0 komentar:

Ni Luh Rasi Maharani

 
All content copyright by Ni Luh Rasi Maharani - 2013. All rights reserved
Lahir, Rabu 08 Mei 2013 - Designs by Wayan yasa
eXTReMe Tracker