Luh Rasi Imunisasi BCG


Pada hari ini Jumat,07 Juni 2013 Luh Rasi melakukan Imunisasi BCG pada pagi harinya. Tidak biasanya Luh Rasi Bangun pagi jadi terpaksa dibangunkan dan dimandikan untuk diajak ke Bidan Mudani untuk melakukan Imunisasi BCG yang dimana untuk kekebalan aktif terhadap tuberkulosa atau untuk mencegah penyakit TBC.

BCG (Bacillus Calmete Guerin) adalah salah satu dari berbagai jenis vaksin yang terdapat dalam program pemerintah. Vaksin BCG adalah vaksin berbentuk beku kering yang mengandung mycobacterium bovis hidup yang sudah dilemahkan. Pada kesempatan ini Luh Rasi tidak banyak mengantre dan sudah ditunggu kakaknya Luh Nila di Bidan Mudani.

Sampai di kediaman Bidan Mudani langsung ditangani oleh ahli Vaksin bukan oleh Bidan Mudani agar lebih maksimal kalau sudah sama ahlinya. Vaksin BCG dianjurkan agar diberikan kepada bayi saat berusia 1-3 bulan, apabila diberikan pada anak usia diatas 3 bulan maka dianjurkan untuk uji sensitivitas terhadap mikobakteria, atau uji tuberculin dulu (mantoux test). Apabila hasilnya positif terinfeksi sebelum imunisasi, maka pembentukan antibody setelah diimunisasi kurang maksimal.

Mama Luh Rasi tidak berani memegang Luh Rasi karena kasian melihat disuntik jadi dibantu oleh asisten Bidan untuk melakukan Vaksin. Tidak lama melakukan Vaksin ini, diberikan Buku Pemeriksaan rutin atau Buku perkembangan bayi dan beberapa serbuk untuk diminum 3 kali sehari kalau Luh Rasi panas. Selanjutnya Luh Rasi tuker-tuker gendong ama Luh Nila dan sempet poto-poto.

Ibu Luh Nila membelikan Luh Rasi boneka balon berbentuk bebek yang berwarna hijau untuk kenang-kenangan katanya. Makasi yaa,,,! Sembari bincang-bincang tuker suka-duka nya menjadi Ibu dan Ayah baru yang sering begadang serta poto-poto membuat waktu terbunuh lebih cepat.

Bayi yang baru lahir tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit TBC, untuk itulah sangat penting bagi para ibu agar memberikan imunisasi BCG pada bayinya. Imunisasi BCG cukup dilakukan satu kali saja. Karena imunisasi ini berisi kuman hidup yang membuat antibodi yang dihasilkan cukup tinggi. Keberhasilan imunisasi ini biasanya ditandai dengan munculnya bisul kecil dan bernanah di daerah bekas suntikan dan akan sembuh sendiri dengan meninggalkan luka parut.

Imunisasi BCG tidak menyebabkan reaksi yang bersifat umum seperti demam 1-2 minggu, kemudian akan timbul indurasi dan kemerahan ditempat suntukan yang akan berubah menjadi pustule, kemudian pecah dan menjadi ulkus (bisul kecil yang bernanah dan menimbulkan luka parut). Luka ini tidak perlu pengobatan karena akan sembuh dengan sendirinya.

Semoga dengan rajin melakukan kontrol dan Imunisasi membuat Luh Rasi tumbuh menjadi anak yang sehat dan kemudian kelak besar menjadi anak yang pintar. Astungkara!

DOA UNTUK KELAHIRAN BAYI

OM BRHATSUMNAH PRASAWITA
NIWESANO JAGATAH STHATURUBHAYASYA YO WASI
SA NO DEWAH SAWITA SARMA YACCHA
TWASME KSAYAYA TRIWARUTHAM AMHASAH


Artinya:
Ya Tuhan Yang Maha Pengasih, yang memberi kehidupan pada alam dan menegakkanya. Ia yang mengatur baik yang bergerak dan yang tidak bergerak, semoga Ia memberikan rahmatNya kepada kami untuk ketentraman hidup dengan kemampuan untuk menghindari kekuatan yang jahat.

0 komentar:

Ni Luh Rasi Maharani

 
All content copyright by Ni Luh Rasi Maharani - 2013. All rights reserved
Lahir, Rabu 08 Mei 2013 - Designs by Wayan yasa
eXTReMe Tracker