Telung Oton Luh Rasi Maharani (Megundul)







Sudah tidak terasa kini Luh Rasi sudah menginjak telung oton umurnya sesuai perhitungan kalender bali. Pada buda paing klurut 28 Januari 2015 ini tepat Luh Rasi digundul pacul, sebagai rentetan dari upacara yang sebelum sebelumnya. Upacara berlangsung dengan hikmat, walau cuaca tidak mendukung yakni hujan tetap upacara dilaksanakan yang di pimpin oleh pekak mangku pura puseh.

Awal upacara dilakukan di sanggah/merajan Luh Rasi, persembahyangan dilakukan secara bersamaan oleh keluarga kecil Luh Rasi dan doa-doa dihaturkan oleh sanak keluarga dekat dari Bapak dan Mamanya. Tidak banyak yang menghadiri upacara telung otonan Luh Rasi ini, karena memang tidak dilaksanakan secara meriah, sederhana saja tapi melengkapi semua ketentuan budaya yang ada.

Pada pengguntingan rambutnya pertama Luh Rasi nampak tidak merasa sedih, namun setelah selanjutnya dia mulai tidak nyaman dan menangis. Mungkin karena merasa gatal dan masih sayang ama rambut panjangnya ha ha ha.....

Setelah digundul Luh Rasi harus dimandiin agar tidak gatal, walau tidak digundul bersih Luh Rasi nampak berbeda karena berubah drastis dari rambut panjang mendadak gundul. Upacara berlangsung dengan hikmat, sederhana dan penuh kebahagiaan, sanak keluarga dari bapak dan mama nya ikut berpartisipasi didalamnya. Harapan kedepan semoga Luh Rasi selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan lahir dan bathin, rahayu...

DOA UNTUK KELAHIRAN BAYI

OM BRHATSUMNAH PRASAWITA
NIWESANO JAGATAH STHATURUBHAYASYA YO WASI
SA NO DEWAH SAWITA SARMA YACCHA
TWASME KSAYAYA TRIWARUTHAM AMHASAH


Artinya:
Ya Tuhan Yang Maha Pengasih, yang memberi kehidupan pada alam dan menegakkanya. Ia yang mengatur baik yang bergerak dan yang tidak bergerak, semoga Ia memberikan rahmatNya kepada kami untuk ketentraman hidup dengan kemampuan untuk menghindari kekuatan yang jahat.

0 komentar:

Ni Luh Rasi Maharani

 
All content copyright by Ni Luh Rasi Maharani - 2013. All rights reserved
Lahir, Rabu 08 Mei 2013 - Designs by Wayan yasa
eXTReMe Tracker