Nyepi Caka 1937 Rasi Bahagia


Nyepi caka 1937 kali ini jatuh pada hari sabtu,21 maret 2015. Pada hari ini semua umat hindu melakukan tapa bratha penyepian. Di bali pada umumnya semua kegiatan dihentikan selama 24jam lamanya untuk menghormati hari raya ini. Seperti halnya pada hari ini Luh Rasi melakukan penyepian di banjar cau marga tabanan bali. Sehabis hari raya pengerupukan, hari ini disebut hari nyepi yang berasal dari kata sepi atau sipeng yang dimana pada hari ini dilakukan tapa brata penyepian seperti tidak menyalakan api, tidak bekerja, tidak bepergian dan tidak mendengarkan hiburan.

Pada hari raya nyepi Luh Rasi hanya berdiam dirumah, sambil menikmati hari kebersamaan bersama keluarga semua, disitu luh rasi merasa bahagia. Demikian untuk masa baru, benar-benar dimulai dengan suatu halaman baru yang putih bersih. Untuk memulai hidup dalam tahun baru saka pun, dasar ini dipergunakan, sehingga semua yang kita lakukan berawal dari tidak ada, suci dan bersih. Semoga semua hidup di dunia dalam keadaan berbahagia dan damai.












DOA UNTUK KELAHIRAN BAYI

OM BRHATSUMNAH PRASAWITA
NIWESANO JAGATAH STHATURUBHAYASYA YO WASI
SA NO DEWAH SAWITA SARMA YACCHA
TWASME KSAYAYA TRIWARUTHAM AMHASAH


Artinya:
Ya Tuhan Yang Maha Pengasih, yang memberi kehidupan pada alam dan menegakkanya. Ia yang mengatur baik yang bergerak dan yang tidak bergerak, semoga Ia memberikan rahmatNya kepada kami untuk ketentraman hidup dengan kemampuan untuk menghindari kekuatan yang jahat.

0 komentar:

Ni Luh Rasi Maharani

 
All content copyright by Ni Luh Rasi Maharani - 2013. All rights reserved
Lahir, Rabu 08 Mei 2013 - Designs by Wayan yasa
eXTReMe Tracker