Mandi Siang Di Pancoran Mengkeb


Cuaca cukup terik, apalagi siang ini habis jalan ke tegalan di balaluan nyari daun kelapa untuk banten jadi semakin hot deh. Jalan siang menjadikan semakin gerah siang itu, tapi diademkan oleh sebiji kelapa muda yang segar. Sehabis datang dari balaluan mama luh rasi, luh rasi dan bapaknya mandi di pancoran mengkeb yang ada dekat dari rumah.

Luh Rasi nampak senang diajak mandi di pancoran yang merupakan mata air yang banyak dikonsumsi masyarakat banjar cau, tua dan baru untuk di konsumsi tanpa di masak lagi, air murni dari perut bumi yang tiada tara sehatnya.

Disini luh rasi dan mama mandi dengan bebas, selain airnya yang segar juga tempatnya yang bagus, terletak di dalam gua, makanya disebut permandian pancoran mengkeb yang dimana tempatnya tersembunyi dan ada pancoran jadi disebut pancoran mengkeb.

Tidak lama, hanya setengah jam saja berendam disini sudah merasakan kesegeran tiada tara, berlanjut pulang, makan dan istirahat....

DOA UNTUK KELAHIRAN BAYI

OM BRHATSUMNAH PRASAWITA
NIWESANO JAGATAH STHATURUBHAYASYA YO WASI
SA NO DEWAH SAWITA SARMA YACCHA
TWASME KSAYAYA TRIWARUTHAM AMHASAH


Artinya:
Ya Tuhan Yang Maha Pengasih, yang memberi kehidupan pada alam dan menegakkanya. Ia yang mengatur baik yang bergerak dan yang tidak bergerak, semoga Ia memberikan rahmatNya kepada kami untuk ketentraman hidup dengan kemampuan untuk menghindari kekuatan yang jahat.

0 komentar:

Ni Luh Rasi Maharani

 
All content copyright by Ni Luh Rasi Maharani - 2013. All rights reserved
Lahir, Rabu 08 Mei 2013 - Designs by Wayan yasa
eXTReMe Tracker