Sabuh Mas, Otonan Mama Luh Rasi


Selasa, 05 05 15 kali ini mama luh rasi otonan atau ulang tahun ala bali. Persiapan sudah dilakukan sejak pagi hari, mulai dari nyait, nyoroh dan metanding buat sesajen di otonanya.  Proses demi proses dilakukan, mencari busung di balaluan, mencari bunga di natah dan metanding bersama nenek luh rasi.

Otonan mama luh rasi tepat jatuh pada hari sabuh mas, jadi gampang untuk mengingatnya. Prosesi pertaman seperti biasa melakukan nunas tirta di merajan rung tiga kehadirat sang hyang bhatara guru wisesa. Mebanten di tempat menanam ari-ari dan mengajak adiknya untuk natab di kamar.

Prosesi berlangsung kusuk dan diiringi oleh luh rasi dan luh cantika pas natabnya. Yang natabin nenek luh rasi, sesuai harapan otonan berlangsung hikmat, dan penuh dengan canda tawa oleh luh rasi dan luh cantika.

Harapanya semoga mama luh rasi selalu diberikan kesehatan lahir dan bathin, pada otonanya yang sekarang mama luh rasi dalam keadaan mengandung enam bulan, semoga pas persalinan nanti diberikan kesehatan dan keselamatan untuk luh widya dan sang calon anak kedua dari pasangan wayanyasa dengan luh widya...rahayu















DOA UNTUK KELAHIRAN BAYI

OM BRHATSUMNAH PRASAWITA
NIWESANO JAGATAH STHATURUBHAYASYA YO WASI
SA NO DEWAH SAWITA SARMA YACCHA
TWASME KSAYAYA TRIWARUTHAM AMHASAH


Artinya:
Ya Tuhan Yang Maha Pengasih, yang memberi kehidupan pada alam dan menegakkanya. Ia yang mengatur baik yang bergerak dan yang tidak bergerak, semoga Ia memberikan rahmatNya kepada kami untuk ketentraman hidup dengan kemampuan untuk menghindari kekuatan yang jahat.

0 komentar:

Ni Luh Rasi Maharani

 
All content copyright by Ni Luh Rasi Maharani - 2013. All rights reserved
Lahir, Rabu 08 Mei 2013 - Designs by Wayan yasa
eXTReMe Tracker