Luh Rasi Mesode Dapetan


Sejak kelahiran Luh Rasi di hari Rabu,08 Mei 2013 setiap paginya selalu dibuatin sode dapetan oleh dadongnya agar Luh Rasi diberkahi dan selalu dalam keadaan sehat skala niskala. Sode dapetan ini bermakna sebagai simbol sang hyang kumara agar anak kecil atau dalam hal ini bayi selalu diperhatikan agar tetap merasa nyaman dan dijauhkan dari kekuatan-kekuatan yang mendatangkan kesedihan bagi sang bayi.

Keseharian dalam tiga hari kedepan dari Luh Rasi lahir didunia ini dadong Luh Rasi disibukan dengan pembuatan sode dapetan yang berisi canang sari, nasi matumpeng, telor, buah dan berbagai sarana anget-anget lainya. Selama tiga hari mesode dapetan selanjutnya Luh Rasi selalu diaturkan sode nyanyah yang berisi beras, pis bolong, biu mas bali, bunga yang harum seperti cepaka, dan uang peperasan dari kumpi-kumpinya Luh Rasi yang sudah mencapai satu juta lebih.


Setelah selesai mesode dapetan selama tiga hari Luh Rasi setiap harinya mesode nyanyah dan diganti pisang, bunga-bunganya setiap lima hari sekali. Mesode nyanyah ini terus dilaksanakan sampai upcara mecelolongan digelar.

Semoga dengan mengikuti pulah palih banten yang semestinya dihaturkan Luh Rasi tumbuh menjadi anak yang sehat, murah rejeki dan berbakti terhadap orang tua beserta keluarganya. Astungkara!

DOA UNTUK KELAHIRAN BAYI

OM BRHATSUMNAH PRASAWITA
NIWESANO JAGATAH STHATURUBHAYASYA YO WASI
SA NO DEWAH SAWITA SARMA YACCHA
TWASME KSAYAYA TRIWARUTHAM AMHASAH


Artinya:
Ya Tuhan Yang Maha Pengasih, yang memberi kehidupan pada alam dan menegakkanya. Ia yang mengatur baik yang bergerak dan yang tidak bergerak, semoga Ia memberikan rahmatNya kepada kami untuk ketentraman hidup dengan kemampuan untuk menghindari kekuatan yang jahat.

0 komentar:

Ni Luh Rasi Maharani

 
All content copyright by Ni Luh Rasi Maharani - 2013. All rights reserved
Lahir, Rabu 08 Mei 2013 - Designs by Wayan yasa
eXTReMe Tracker