Dedinan Pertama Ni Luh Rasi Maharani


Dedinan adalah birthday yang dihitung dengan dua basis berbeda yaitu basis 7 dan basis 5. Bisa dimengerti bahwa hari yang sama menurut kedua basis ini akan berulang setiap 35 hari sekali yaitu kelipatan persekutuan terkecil dari 7 dan 5. Artinya, jika hari ini adalah Senin Pahing, maka Senin Pahing akan terjadi lagi setelah 35 hari dari sekarang.

Bertepatan hari ini Rabu,12 Juni 2013 atau Buda Paing Uye sasih sadha Luh Rasi berumur 35hari sehingga dijadikan hari dedinanya yang pertama. Banten dibuatkan oleh neneknya yang berupa sode dan dapetan yang prosesi dedinan dilaksanakan di tempat tidurnya Luh Rasi sekitar jam lima sore.

Dedinan Luh Rasi berjalan sesuai yang diharapkan dan berlangsung lima belas menit lamanya. Berat badan Luh Rasi drastis naik sehingga pada hari dedinanya sudah mencapai 4kilo. Semoga selanjutnya dedinan atau ulang tahun Luh Rasi secara Bali ini bisa berlanjut sampai ayat dikandung badan serta Luh Rasi selalu dalam keadaan sehat dan diberkasi murah rejeki. Astungkara, RAHAYU...

DOA UNTUK KELAHIRAN BAYI

OM BRHATSUMNAH PRASAWITA
NIWESANO JAGATAH STHATURUBHAYASYA YO WASI
SA NO DEWAH SAWITA SARMA YACCHA
TWASME KSAYAYA TRIWARUTHAM AMHASAH


Artinya:
Ya Tuhan Yang Maha Pengasih, yang memberi kehidupan pada alam dan menegakkanya. Ia yang mengatur baik yang bergerak dan yang tidak bergerak, semoga Ia memberikan rahmatNya kepada kami untuk ketentraman hidup dengan kemampuan untuk menghindari kekuatan yang jahat.

0 komentar:

Ni Luh Rasi Maharani

 
All content copyright by Ni Luh Rasi Maharani - 2013. All rights reserved
Lahir, Rabu 08 Mei 2013 - Designs by Wayan yasa
eXTReMe Tracker